Laman

Rabu, 20 April 2016

Resume Ilmu Sosial Budaya Dasar

Nama : Alma Hanafiah
Prodi  : Pendidikan Sejarah
                                                                          

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

Manusia dan kebudayaan termasuk suatu hal yang tidak bisa dipisahkan. Manusia bisa menciptakan kebudayaan dan melestarikannya secara turun temurun. Budaya tercipta  dari kegiatan dan kejadian sehari-hari. Manusia berperan penting dalam menciptakan budayanya sendiri. Dengan demikian, kebudayaan menyangkut segala macam aspek kehidupan manusia dalam segi material dan non material. Menurut J.J. Honigman budaya terbagi menjadi tiga wujud yaitu ideas, activities, dan artefact.
1.      Kebudayaan dalam wujud ideas
Kebudayaan dalam wujud ideas
adalah kebudayaan yang bersifat abstrak (tidak dapat dilihat, diraba, dan difoto), kebudayaan ini adanya dalam pikiran kita yang bersangkutan pada pola hidup.  Kebudayaan ini mengarah pada tindakan-tindakan yang berpola dalam masyarakat sebagai sopan santun. Kebudayaan yang biasa disebut dengan adat istiadat, contohnya mitos.
2.      Kebudayaan dalam wujud activities
Kebudayaan dalam wujud activities merupakan kebudaya yang bersifat konkret, dalam bentuk perilaku dan bahasa. Kebudayaan mempunyai sistem sosial yang menyangkut tindakan, kelakuan pola pikir dari manusia itu sendiri, dan bisa diobservasi, didokumentasikan dalam sistem sosial karena sistem sosial terdapat aktivitas, interaksi yang berhubungan dengan masyarakat.
3.      Kebudayaan dalam wujud artefact
Kebudayaan ini kebudayaan yang berbentuk fisik, kebudayaan yang hasil karya manusia seperti benda-benda yang dapat dilihat, diraba, dan difoto dalam bentuk kecil maupun besar, contohnya : candi, kain batik, dan lain-lain.

Jadi kebudayaan itu bersifat abstrak dan konkret dalam perilaku, bahasa serta materi. Kebudayaan sangat berhubungan dengan perilaku, tindakan, pola pikir manusia dalam hidup dan dapat mengendalikan perbuatannya dalam berinteraksi dengan masyarakat yang baik dan sopan. Kebudayaan disetiap masyarakat sangatlah berbeda sama halnya dengan kebudayaan di Indonesia yang memiliki ragam suku bangsa yang berbeda tetapi setiap kebudayaan mempunyai ciri atau sifat yang sama tanpa membedakan faktor ras. Sifat-sifat kebudayaan tersebut sebagai berikut:
1.      Budaya disalurkan dari perilaku manusia
2.      Budaya bersifat kekal
3.      Budaya diwujudkan dalam bentuk perilaku
4.      Budaya termasuk aturan-aturan yang dapat diterima dan ditolak dan bisa menjadi sebuah kewajiban.

Budaya yang dikembangkan oleh manusia akan melibatkan lingkungan tempat kebudayaan berkembang. Karena setiap daerah memiliki jenis yang berbeda-beda maka dari itu kebudayaan tersebut menjadi suatu simbol dari kebudayaan tersebut. Perkembangan kebudayaan dimaksudkan untuk kepentingan manusia karena kebudayaan diciptakan oleh manusia dan untuk manusia itu sendiri. perkembangan kebudayaan mengalami perkembangan secara dinamis seiring dengan perkembangan manusia itu sendiri. Namun, perubahan kebudayaan adalah sebagai hasil cipta,  yang memberikan perubahan yang akan memberikan nilai manfaat bagi manusia dan kemanusiaan. Sebaliknya, akan memusnahkan manusia sebagai pencipta kebudayan tersebut. penyebab dari perubahan tersebut dari faktor perubahan lingkungan alam, adanya kelompok sosial yang lain, adanya penemuan, mengadopsi kebudayaan bangsa lain, dan mengadopsi pengetahuan dan kepercayaan yang baru.


Setiadi M. Elly. Dkk. 2013. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Jakarta : Kencana 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar